Tips Traveling Saat Pandemi Covid-19 Agar Tetap Selamat dan Sehat

Lama banget nggak jalan-jalan selama pandemi Covid-19, udah bosen di rumah terus dan pengen keluar buat menghirup udara bebas. Mendingan cari tahu dulu deh caranya bisa traveling tapi tetap aman dan nyaman selama pandemi. Kali ini Jogjaku.com bakal kasih tahu kalian tips atau cara aman saat traveling di masa pendemi yang pastinya sesuai dengan prokes.

Tips aman traveling di masa pandemi Covid-19:

  1. Lakukan persiapan sebelum traveling

Periksa situasi Covid-19 saat ini di tempat tujuan kalian, pastikan memahami dan mengikuti semua pembatasan perjalanan negara bagian, lokal, dan teritorial, termasuk pemakaian masker, bukti vaksinasi, pengujian, atau persyaratan karantina.

  1. Cek panduan perjalanan terkini

Untuk informasi terkini dan panduan perjalanan, periksa situs web departemen kesehatan negara atau tempat di mana kalian akan pergi. Jika bepergian melalui udara, periksa apakah maskapai penerbangan memerlukan pengujian, vaksinasi, atau dokumen lainnya.

  1. Jangan jalan-jalan jika sakit

Perlu diingat jika kondisi badan tidak baik atau mengalami sakit disarankan untuk tek pergi kemana-mana. Meski sakitnya buka karena Corona tetap berada di rumah hingga sembuh karena imun yang rendah membuat orang mudah tertular.

  1. Pakai masker di mana pun berada

Mengenakan masker di hidung dan mulut diwajibkan saat dikendaraan seperti di pesawat, bus, kereta api, dan bentuk transportasi umum lainnya. Entah akan pergi ke dalam atau keluar  negeri. Setelah makan jangan lupa untuk segera memakai masker kembali dengan benar untuk menghidari penularan Covid-19.

  1. Lindungi diri dan orang lain

Ikuti semua rekomendasi dan persyaratan kesehatan yang berlaku tempat tujuan, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak 2 meter dari orang lain. Jika membawa anak-naka berusia 2 tahun atau lebih harus memakai masker di tempat umum.

  1. Selalu mencuci tangan setelah beraktivitas

Sering-seringlah mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%. Setelah memegang sesuatu juga jangan lupa untuk membersihkan tangan dari kuman dan virus. Ingatkan selalu anggota keluarga jika mereka lupa.

  1. Belum vaksin disarankan jangan pergi keluar jalan-jalan

Bagi kalian yang belum vaksin atau vaksinnya belum lengkap sebaiknya tidak pergi keluat rumah apalagi hanya untuk traveling. Ditakutkan nantinya bisa terpapar dan menularkan Covid-19 ke orang lain maupun keluarga. Jadi tunda dulu perjalanan kalian menunggu hingga mendapat vaksin lengkap.

  1. Baru sembuh dari Covid-19

Kalian tidak perlu menjalani tes atau karantina sendiri jika baru pulih dari Covid-19 dalam 90 hari terakhir. Mesku begitu tetap harus mengikuti semua rekomendasi perjalanan dan prokes yang berlaku. Jika mengalami gejala COVID-19 setelah bepergian, isolasi dan konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan untuk rekomendasi perawatan.

  1. Terpapar Covid-19 saat traveling

Kalian sedang menunggu hasil tes Covid-19 lalu saat dites hasilnya positif, langsung lakukan isolasi mandiri. Tunda kepulangan sampai benar-benar bebas dari virus dan pastikan kondisi sudah baik. Teman perjalanan mungkin perlu melakukan karantina sendiri agar tetap aman.

  1. Positif Covid-19 setelah perjalanan

Jika telah terpapar Covid-19 setelah perjalanan, mungkin merasa sehat dan tidak memiliki gejala apa pun. Namun masih dapat terinfeksi dan menyebarkan virus ke orang lain. Orang yang tidak divaksinasi sepenuhnya lebih mungkin untuk tertular  dan menyebarkannya ke orang lain. Jadi langsung lakukan karantina mandiri dan periksa ke tenaga medis untuk perawatan lebih lanjut.

11. Pilih aktivitas yang aman

Sementara di tempat-tempat tertutup seperti bar atau restoran dalam ruangan mungkin legal di tujuan yang Anda kunjungi, mereka membawa risiko tertular Covid-19 yang jauh lebih besar. Saat memasuki dan meninggalkan fasilitas atau tempat apa pun, Anda harus selalu mencuci tangan dengan bersih setidaknya selama 20 detik menggunakan sabun dan air.

12. Kemas barang-barang dengan baik

Jika Anda bepergian lintas negara dengan kereta api atau pesawat, pastikan untuk mengemas setiap barang penting dalam jumlah yang memadai seperti obat-obatan, masker, pembersih tangan, makanan yang tidak mudah busuk untuk beberapa hari, dll. Di tempat tujuan, Anda dapat menjaga diri Anda lebih aman jika Anda menghindari perjalanan yang tidak perlu, seperti untuk membeli obat-obatan yang Anda lupa atau hal lainnya.

13. Jaga jarak dengan orang lain.

Jarak fisik mungkin tidak mungkin dilakukan di dalam pesawat atau kereta api, tetapi lakukan yang terbaik untuk menjaga jarak beberapa langkah dari orang lain sebanyak mungkin selama perjalanan Anda. Saat menunggu sesuatu atau saat berjalan keluar juga selalu jaga jarak demi keamanan diri.

Tadi adalah tips penting bila kalian ingin melakukan perjalanan di saat pandemi Covid-19, ingat selalu untuk update informasi dan selalu mematuhi peraturan yang berlaku dari pemerintah dari potokol kesehatan sampai peraturan penting lainya. Sampai jumpa lagi di berbagi tips selanjutnua dari Jogjaku ya.

Sumber foto: Erick Odiin/ Unplash

Sumber: cdc.gov

 

 

 

Related posts